Kamis, 12 Oktober 2017

Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi, Tujuan, Tugas Pokok, Prinsip, dan Ruang Lingkup


Malang, Jawa Timur, Indonesia -  Malam ini kami akan memberikan pembahas materi kuliah tentang "Manajemen Keuangan" yang meliputi dari pengertian sampai ruang lingkup manajemen keuangan dan semoga dengan artikel ini, teman-teman bisa mudah memahaminya, untuk lebih jelasnya mari kita simak diabwah ini

Pengertian Manajemen Keuangan
Adalah aktivitas merencanakan, menganggarkan, memeriksa, mengolah, mengendalikan, mencari atau menyimpan dana yang dimiliki perusahaan atau organisasi.

Fungsi Manajemen Keuangan
Adalah sebagai berikut :

  • Perencanaan kuangan (planning) :Fungsi ini meliputi tentang perencanaan arus kas dan rugi laba.
  • Anggaran (Budgeting) : Fungsi ini meliputi perencanaan menerima dan mengalokasikan anggaran biaya secara efisien dan memaksimalkan dana yang dimiliki.
  • Pengelolaan Keuangan : Fungsi manajemen keuangan dalam penggunaan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang sudah ada dengan berbagai cara.
  • Pencarian Keuangan : Manajemen keuangan mencari dan mengekspoitasi sumber dana yang sudah ada untuk operasional aktivitas perusahaan.
  • Penyimpanan Keuangan : Dana yang sudah terkumpul disimpan dan diamankan oleh manajemen keuangan.
  • Pengendalian Keuangan (Controlling) : Fungsi ini adalah melaksanakan evaluasi dan juga memperbaiki atas keuangan dan sistem keuangan perusahaan.
  • Pemeriksaan Keuangan (Auditing) : Fungsi ini manajemen keuangan dalam melaksanakan audit di internal terhadap keuangan perusahaan yang ada supaya sesuai dengan kaidah standar akuntansi dan tidak terjadi penyimpangan.
  • Pelaporan Keuangan (Reporting) : Fungsi ini manajemen keuangan menyiapkan laporan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan dan analisa rasio laporan keuangan.
Tujuan Manajemen Keuangan
Tujuannya adalah menjadikan nilai perusahaan dapat bernilai tinggi. Hal ini jika suatu saat perusahaan dijual, maka harganya bisa ditetapkan dengan harta yang sangat tinggi.

Tugas Pokok Manajemen Keuangan
Tugas pokok manajemen keuangan adalah :
  • Memperoleh dan perusahaan
  • Menggunakan dana perusahaan
  • Membagi Keuangan atau laba perusahaan
Prinsip Manajemen Keuangan
Prinsip dari manajemen keuangan adalah :
  • Konsistensi (Consistency) adalah prinsip yang mana suatu sistem dan kebijakan keuangan perusahaan sesuai dengan apa yang direncanakan, tidak berubah disetiap periode, tetapi yang harus ditekankan bahwa sebuah sistem keuangan bukan berarti tidak dapat dilaksanakan penyesuaian dan perubahan signifikan didalam perusahaan. Proses keuangan yang tidak teratur bisa jadi tanda jika ada manipulasi pada pengelolaan keuangan perusahaan.
  • Akuntabilitas (Accountability) adalah suatu kewajiban hukum dan moral, dimana melekat disetiap individu, kelompok atau perusahaan dalam memberikan penjelasan bagaimana dan ataupun kewenangan yang telah disampaikan pihak ketiga diepergunakan . Masing-masing pihak harus memberikan penjelasan dalam tentang pemakaian penjelasan dalam tentang pemakian sumber daya dan apa yang telah diraih bentuk pertanggungjawaban kepada yang mempunyai kepentingan, supaya semua tahu bagaiaman kewenangan dan dana yang dimiliki dapat digunakan.
  • Transparasi (Transparancy) adalah sebuah prinsip yang mana masing-masing dalam aktivitas manajemen wajib terbuka, baik didalam memberikan informasi suatu rencana dan semua aktivitas terhadap yang memiliki kepentingan, didalamnya juga laporan keuangan yang wajar, lengkap, tapat waktu dan akurat yang bisa dibuka dengan mudah oleh yang bersangkutan, jika tidak transparan maka akan berakibat pada pennyelewengan dalam aktivitas perusahaan.
  • Kelangsungan Hidup (Viability) adalah prinsip yang mana penekanan terhadap kesehatan keuangan perusahaan terjaga, semua pengeluaran operasional ataupun didalam tingkat yang trategi harus disesuaikan dengan dana yang ada, kelangsungan hidup entitas yaitu ukuran tingkat keamanan dan juga didalam keberlanjutan keuangan perusahaan. Di dalam manajemen perusahaan wajib disusun rencana keuangan yang mana menunjukkan bagaimana perusahaan bisa menjalankan rencana strateginya untuk memenuhi kebutuhan keuangan.
  • Integritas (Integrity) adalah prinsip yang mana masing-masing individu harus mempunyai tingkat integritas yang tinggi didalam melaksanakan aktivitas operasional. Bukan itu saja, didalam mencatat dan melaporkan keuangan wajib menjaga integritasnya dengan kelengkapan dan tingkat keakuratan dalam suatu pencatatan keuangan.
  • Pengelolaan (Stewardship) adalah prinsip yang mana bisa mengelola dengan baik dana yang sudah diperoleh dan didalam memberikan jaminan terhadap dana yang diperoleh tersebut untuk diwujudkan tujuan yang sudah ditetapkan, dalam prakteknya dilaksanakan dengan hati-hati dengan membuat sebuah perencanaan strategi, mengidentifikasi resiko keuangan yang ada serta untuk menyusun dan membuat sistem pengendalian keuangan yang sesuai.
  • Standar Akuntansi (Accounting Standards) adalah suatu sistem akuntansi keuangan yang wajib sama dengan prinsip atau standar peraturan akuntansi yang sudah berlaku dengan tujuan laporan keuangan yang dihasilkan dapat dengan mudah dipahami dan dimengeri dari semua pihak yang mempunyai kepentingan.
Ruang Lingkup Manajemen Keuangan
Ruang lingkup dari manajemen keuangan adalah :
  • Keputusan Pendanaan : Dalam hal ini meliputi kebijakan manajemen dalam mencari dana perusahaan seperti kebijakan menerbitkan obligasi, kebijakan hutang jangka pendek dan jangka panjang perusahaan yang sumbernya di internal ataupun eksternal peruashaan
  • Keputusan Investasi : Kebijakan penanaman modal pada aktiva tetap atau fixed assets misalnya gedung, tanah dan juga peralatan ataupun aktiva finansial dalam bentuk surat berharga misalnya saham dan obligasi atau kegiatan investasi dana di berbagai aktiva.
  • Keputusan Pengelolaan Aset : adalah kebijakan aset yang dimiliki dengan cara efisien untuk meraih tujuan perusahaan.
Dan itulah sedikit materi kuliah tentang "Manajemen Keuangan", juga dalam materi ini pasti masih banyak kekurangan dan kesalahan  baik didalam penulisan, tata cara mengolah kata, untuk itu kami meminta maaf, semoga dengan adanya materi ini teman-teman bisa mendapatkan sedikit ilmu. BRAVO.


Terima Kasih Kepada google.com , google.co.id , Bing , Yahoo
from HIMAKA UNITRI http://www.himakaunitri.com/2017/10/pengertian-manajemen-keuangan-fungsi.html
Terima Kasih Telah membaca Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi, Tujuan, Tugas Pokok, Prinsip, dan Ruang Lingkup pada blog kami Bangsa Jurnal , semoga bermanfaat bagi kita semua


Top